sejarah
perkembangan musik indonesia tidak lepas dengan sejarah perkembangan
bangsa indonesia itu sendiri.pada masa kekuasaan kerajaan majapahit
(1293-1520), kesenian juga ikut berkembang. pusat kerajaan majapahit
adalah di pulau jawa, yaitu di perkirakan di sekitar lembah sungai
brantas di jawa timur.sehingga kesenian yang berkembang di kerajaan
majapahitpun adalah kesenian jawa.wilayah majapahit antara lain meliputi
sumatra,jazirah melayu,kalimantan,bali,makasar,banda,maluku.maka tidak
mengherankan kalau gamelan-gamelan jawa dapat ditemukan pada
daerah-daerah tersebut.
- lagu anak-anak
syair
lagu anak-anak mendidik ke arah yang positif, misalnya menyayangi orang
tua, menyayangi teman, menyayangi tumbuhan atau binatang, cinta tanah
air, ataupun contoh-contoh perilaku yang baik.
adapun
ciri lagu anak-anak adalah sebagai berikut: bentuk lagu sederhana,
syair lagu tidak terlalu panjang sehingga anak-anak tidak mengalami
kesulitan dalam menyanyikannya, tema yang digunakan sesuai dengan jiwa
anak-anak, bahasa yang digunakan sederhana, tidak menggunakan kata
kiasan, nada yang digunakan tidak melebihi 10 nada, biramanya ceria dan
lembut
namun
dewasa ini semakin banyak anak-anak yang menyanyikan lagu-lagu orang
dewasa.lagu semacam ini tidak dapat dikategorikan sebagai lagu
anak-anak
2. lagu perjuangan
lagu
perjuangan juga dikenal sebagai lagu wajib, karena lagu-lagu perjuangan
pernah diwajibkan pemerintah untuk diketahui oleh anak-anak sekolah di
indonesia.lagu perjuangan biasanya penuh semangat, kadang-kadang ditutup
dengan akhir yang semarak.jenis lagu ini biasanya mengagungkan
kebesaran bangsa, dalam upaya mencapai kemerdekaan, kemakmuran,
kesuksesab, serta kebenaran.lagu-lagu semacam ini bisa membakar semangat
sehingga menimbulkan semangat juang. lagu-lagu perjuangan biasanya
membentuk hymne.di alam kemerdekaan ini lagu-lagu perjuangan masih
sering dipergunakan. perhatikan bila serombongan tentara sedang berolah
raga atau berlatih fisik.untuk membakar semangat dan agar tidak merasa
cepat lelah mereka berlari sambil menyanyi bersama.
contoj
lagu perjuangan adalah : hari merdeka ciptaan H.Mutahar, halo-halo
bandung ciptaan ismail marzuki, bagimu negeri ciptaan kusbini, satu nusa
satu bangsa ciptaan L.manik
3. lagu daerah
tanah
air kita indonesia kaya dengan lagu-lagu daerah, hampir tiap pulau
memiliki lagu daerah sendiri yang berisi gambaran tingkah laku
masyarakat setempat secara umum.bahasa dan dialek yang dipergunakan
dalam lagu daerah adalah bahasa daerah atau bahasa ibu setempat.
sehingga kadang-kadang sangat sulit untuk diketahui maksud dan tujuan
yang ada dalam salah satu lagu daerah.bentuk dan pola serta susunan
melodi sangat sederhana sehingga mudah untuk segera dikuasai oleh semua
lapisan masyarakat setempat.
contoh
lagu daerah ialah: gambang suling dari yogyakarta, pileu leuyang dari
jawa barat, cublak-cublak suweng dari jawa tengah, bungong jeumpa dari
aceh, ondel-ondel dari jakarta, apuse dari papua, ayo mama dari maluku,o
ina ni keke dari sulawesi utara, anging mamiri dari silawesi selatan,
dan sinanggar tulo dari sumatra utara
4. lagu keroncong
lagu
keroncong menurut pendapat para ahli adalah lagu peninggalan bangsa
portugis, namun bukti otentik yang menunjukkan bahwa irama keroncong
milik bangsa portugis sudah tidak ada bekasnya.musik keroncong
berkembang di pulau jawa mulai abad xx dan dalam perkembangannya
terpengaruh oleh musik-musik tradisional terutama musik tradisional
jakarta, jawa tengah,yogyakarta, dan jawa timur.belakangan ini musik
keroncong berkembang menjadi bermacam-macam gaya, dari keroncong asli
hingga langgam jawa, keroncong populer, keroncong jazz, dan lain-lain
ciri-ciri
khusus lagu keroncong sebagai berikut : matra atau ukuran birama 4/4,
syair lagu terdiri atas tujuh kalimat,setiap lagu terdiri atas 4 birama
sehingga jumlah seluruhnya 28 birama, kalimat lagu ke-3 terdapat
interlude secara instrumental sebanyak 2-4 birama, pada kalimat lagu
ke-4 selalu mendapat iringan, lagu keroncong memiliki pola ABC,
instrumen pengiring keroncong asli terdiri atas 7 macam, yaitu: bass,
cello, biola, seruling/flutem, gitar melodi, ukulele, cak, harmoni yang
digunakan sangat terbatas dan kurang mendapat kebebasan untuk
berimprovisai
contoh-contoh lagu keroncong adalah : lagu keroncong sapu lidi, lagu keroncong moresko, lagu keroncong suci
5. lagu atambul
istilah
lagu stambul berasal dari kata istambul, yaitu ibu kota
turkibsekarang.jenis lagu stambul timbul pada permulaan abad ke-20,
yaitu mulai tumbuhnya rombongan kesenian keliling dari kota yang satu ke
kota yang lain.lagu stambul tersebut misalnya : lagu stambul II, lagu
stambul kenangan, lagu stambul baju biru
lagu
stambul biasanya digunakan dalam pementasan yang mengambil cerita
seribu satu malam.lagu-lagu yang mereka ciptakan untuk keperluan pentas
hanya berjumlah 8 buah dan di beri nama stambul I samapai dengan stambul
VIII. model ukuran birama yang digunakan adalah birama 4/4,
masing-masing terdiri atas empat birama sehingga semua berjumlah enam
belas birama. model iringan lagu stambul hampir sama dengan iringan lagu
langgam atau lagu keroncong.gitar melodi, cello, dan kendang mempunyai
peranan yang sangat menunjang pembawaan lagu-lagu stambul.
6. lagu populer
lagu
populer merupakan jenis lagu yang disajikan dengan mengutamakan teknik
penyajian dan kebebasan dalam menggunakan ritme maupun jenis
instrumen.permainan ritme yang kuat ditunjukkan oleh pemusik-pemusik
lagu populer, yaitu dengan teknik-teknik permainan drum yang
menggebu-gebu serta teknik permainan gitar bass.ritme bersifat alamiah,
sehingga seseorang tidak akan dituntut harus berpendidikan tinggi untuk
dapat menikmati suatu ritme.orang juga tidak perlu memiliki sense of
music (rasa musikalitas) yang tinggi untuk dapat menikmati suatau
ritme.lagu populer atau biasa dikenal sebagai lagu pop adalah lagu yang
mudah terkenal dan disenangi oleh masyarakat namun mudah tenggelam.
lagu-lagu
pop tersebut misalnya : lagu kapan-kapan oleh koes plus, lagu cinta
olen samsons, lagu bing oleh titik puspa, lagu jatuh cinta oleh broery
pesolima, dan lain sebagainya
7. musik seriosa
musik
seriosa dinyanyikan dengan serius. penyanyi harus mampu melakukan
interpretasi dengan tepet, sehingga mendekati kemauan sang komponis.
dalam menyanyikan lagu seriosa, penyanyi harus menguasai teknik vokal
dengan baik. teknik pernapasan, pemenggalan frase lagu, penguasaan
jangkauan nada, teknik pembentukan suara, serta teknik menggetarkan
suara harus dikuasai penyanyi dan semua itu harus dilakukan dengan
serius. lagu seriosa tidak dapat dinyanyikan sambil berdendang seperti
halnya lagu populer ataupun lagu dangdut
8. musik langgam
sebagian
masyarakat masih menyamakan antara musik keroncong dengan musik
langgam. musik langgam merupakan varian dari musik keroncong
9. musik dangdut
pada
awal mula berkembangnya, musik dangdut dianggap sebagai musik kalangan
bawahm, tetapi dewasa ini musik dangdut telah di senangi oleh berbagai
kalangan, bahkan oleh pejabat negara. mmusik dangdut merupakan hasil
interaksi antara budaya melayu, india, serta musik daerah indonesia.
sekarang ini telah dikenal dangdut sunda juga dangdut jawa. bahkan lagu
keroncong pun telah dinyanyikan pula dalam bentuk irama dangdut. musik
dangdut mempunyai irama yang ringan sehingga mendorong penyanyi ataupun
pendengarnya untuk bergoyang atau menggerakkan badannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar