.quickedit{ display:none; }

Social Icons

Rabu, 20 Maret 2013

Dilema Sebuah Alat Musik Yang Disebut Keyboard

Organ…? Kibor…? atau Keyboard…?
Kibor? atau
Yamaha PSR 2100? atau
Keyboard Yamaha PSR 2100? atau
Kibor Yamaha PSR 2100?
Hari-hari yang kulalui selalu berjumpa nama baru untuk alat musik sejenis ini (keyboard). Ada yang mengatakan “organ kecil” dan juga “piano kecil”, ternyata maksudnya adalah melodica. Yang lain menyebutnya “organ”, padahal maksudnya Yamaha PSR 2100.
Pipe Organ
Awalnya sebutan untuk alat musik ini tidak mempengaruhi pikiran saya, namun bermula ketika saya hendak mengajar mata pelajaran Seni Musik di sebuah SMA (agustus ”08), materinya adalah pengenalan alat-alat musik modern.  Maka bahan-bahan pengajaran segera kupersiapkan. Tetapi, sesampainya materi yang kupersiapkan pada sebuah alat yang dinamai keyboard ini, i am stuck!!, saya dibuat berpikir banyak olehnya, karena teringat piano kecil tadi.
Ternyata dalam mengelompokkan sebuah alat musik kedalam suatu kategori, kadangkala kita dibuat pusing oleh alat itu sendiri, terlebih jika alat tersebut memiliki banyak fungsi. Nama/sebutan apa yang sebenarnya tepat untuknya?. Lets begin
Kata Kibor (menurut saya) hanya berupa penulisan berdasarkan pengucapan dari kata keyboard dalam bahasa inggris, dan merupakan sebutan yang lazim digunakan sebagai nama untuk menyebutkan alat musik seperti Yamaha PSR 2100, Roland E50, atau Korg TR-61, dan lain sebagainya.

roland e50
Dalam bidang musik, istilah ini berpengertian sama dengan : Klavier (jerman), Clavier (Perancis), klaviatuur (belanda), atau keyboard (inggris), yang berarti : papan bilah-bilah nada (Soeharto, M. Kamus Musik. Jakarta : PT Gramedia. 1992), disingkat “papan nada”.
Disini terdapat kerancuan, dan pertanyaannya adalah : berapa banyakkah alat musik dalam bentuk dan fungsi apapun yang menggunakan papan nada (keyboard instrument) seperti ini?
Sudah tentu bahwa alat-alat musik ini berbeda antara satu dengan lainya, persamaannya hanya terletak pada penggunaan media penghantar yang sama, yaitu keyboard atau papan nada. “keyboard” adalah sebuah instrumen atau media penghantar saja, bukan “nama” yang tepat untuk menyebutkan (mewakilkan) suatu tipe dan merk dari alat musik seperti Yamaha PSR 2100, Roland…, dan lain sebagainya.
Yang terbaik saat ini adalah sebutkan saja langsung merk dan tipenya : Yamaha PSR 3000, atau hanya PSR 2100, atau Roland E 86, Casio…, dan lain sebagainya. Kalau mau lengkap, tambahkan jenis instrumennya (keyboard), Keyboard Yamaha PSR 2100.
Nah…!! disini letak dilemanya, sebab ternyata, nama keyboard adalah singkatan yang sering digunakan hanya karena : sebagian orang (yang mengerti) enggan menjelaskan, atau yang kepadanya dijelaskan “memang enggan mengetahuinya”, atau karena memang “terlalu panjang” :) , hingga untuk mempermudah, kita sering menyingkatnya untuk melancarkan sebuah obrolan (termasuk saya) :) . Pada akhirnya ini menjadi pemahaman umum dalam menyebut alat musik tersebut tadi. Memang tidak mudah untuk merubah pemahaman yang sudah memasyarakat, karena pemahaman dan pengertian dari setiap individu dalam masyarakat terhadap keyboard berbeda. Ini semua tentang sejauh mana kita mau menjelaskan kepada seseorang pada ‘saat itu’ mengenai alat musik tertentu yang baru dikenalinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

SEJARAH MUSIC

More on this category »



TOKOH MUSIC

More on this category »


JENIS-JENIS MUSIC

More on this category »